Pengenalan Harimau Sumatra (Panthera tigris sumatrae) Bagi Anak Usia Dini di SD Negeri Winongo Yogyakarta Menggunakan Metode Tebak Gambar

Pengenalan Harimau Sumatra (Panthera tigris sumatrae) Bagi Anak Usia Dini di SD Negeri Winongo Yogyakarta Menggunakan Metode Tebak Gambar

Nafisa Rahma Putri

Pembimbing: drh. Ani Setianingrum, M.Sc.

Pada Selasa, 13 Juli 2021 telah dilaksanakan kegiatan KKN Tematik Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya dengan tema “Pengenalan Satwa Liar” di SD Negeri Winongo Yogyakarta secara daring oleh tim KKN Tematik yaitu Nafisa Rahma Putri, Hanna Merryani Suwanto, dan Tiara Chintya Devi dengan pembimbing drh. Ani Setianingrum, M.Sc. bekerja sama dengan SD Negeri Winongo Yogyakarta. Kegiatan ini sejalan dengan program SD Negeri Winongo untuk menjadi sekolah Adiwiyata. Sekolah Adiwiyata sendiri merupakan sekolah yang melaksanakan Program Adiwiyata guna mendorong dan membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang. Dengan dilaksanakannya KKN Tematik ini, diharapkan SD Negeri Winongo Yogyakarta dapat menambah ilmu yang bermanfaat dan selalu meningkatkan tujuannya sebagai Sekolah Adiwiyata.

Adanya pandemi COVID-19 membuat kami terpaksa melakukan Kegiatan KKN Tematik ini secara daring. Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB saat orientasi pegenalan SD Negeri Winongo dengan peserta yang terdiri dari siswa kelas 1 dan 2. Siswa – siswa tersebut didampingi oleh beberapa guru dan dengan pembimbing KKN Tematik kami. Kegiatan ini dimulai dengan sambutan dari Kepala Sekolah SD Negeri Winongo dan perwakilan dari guru, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan edukasi. Kegiatan edukasi ini terdiri dari tiga sesi. Sesi pertama diisi oleh Nafisa Rahma Putri berupa pengenalan Harimau Sumatra sebagai hewan dilindungi yang berasal dari Indonesia. Kemudian sesi selanjutnya diisi oleh Tiara Chintya Devi, lalu Hanna Merryani Suwanto.

Pengenalan Harimau Sumatra yang saya lakukan memungkinkan pemateri dan siswa melakukan interaksi dengan dilakukannya tanya jawab dan tebak gambar. Pemberian pertanyaan saat penyampaian materi membuat banyaknya interaksi dari siswa dengan pemateri. Setelah penyampaian materi, dilakukan permainan kecil yaitu berupa tebak gambar. Layar akan ditampilkan gambar – gambar yang telah disampaikan saat materi dan peserta menyalakan mikrofon untuk menjawab apa gambar yang ada di layar. Respon siswa sangat antusias dan banyak pada sesi tanya jawab. Kegiatan edukasi ini diakhiri dengan pengisian kuisioner oleh siswa dengan didampingi oleh orang tua siswa.

Sebagian besar dari hasil kuisioner yang diberikan berupa respon yang positif. Dari data yang didapatkan, respon peserta terhadap kegiatan ini sangat bermanfaat dan penting untuk dipelajari. Tanggapan peserta terhadap kegiatan ini bervariasi, ada beberapa peserta yang sinyalnya terganggu sehingga penyampaian materi kurang jelas, kemudian ada yang berpendapat bahwa durasi edukasi terlalu singkat, beberapa peserta yang kurang kondusif, dan ada yang merasakan bahwa seluruh rangkaian edukasi telah dilaksanakan dengan baik. Dengan tanggapan – tanggapan tersebut, kami harap kedepannya kegiatan seperti ini jika sempat dapat dilakukan secara luring sehingga tidak adanya kendala dalam sinyal dan membuat penyampaian materi dapat lebih jelas, selain itu dapat lebih kondusif karena adanya interaksi secara langsung dari pemateri dan peserta.

Leave a Reply